Cara Mengurangi Rambut Rontok Secara Alami

I. LATAR BELAKANG

Rambut rontok merupakan hal yang umum terjadi dalam hidup kita mengingat rambut juga memiliki batas umurnya sendiri.  Pada umumnya, setiap hari rambut akan rontok pada rentang 40-100 helai, tapi hal ini tak perlu dikuatirkan karena rambut yang rontok akan digantikan oleh rambut yang baru.  Yang jadi permasalahan adalah bagaimana jikalau kerontokan itu berlebihan dan rambut yang baru belum sempat menggantikan rambut yang rontok?  Apabila hal itu terjadi, maka tidaklah tertutup kemungkinan bahwa Anda akan mengalami kebotakan dan jika Anda baru saja memulai mencari cara mengurangi rambut rontok ketika hal tersebut sudah dibiarkan berlangsung cukup lama, maka mungkin hal tersebut sudah terlambat.  Lalu bagaimana dengan orang-orang yang terbebas dari masalah kebotakan?  Perlu diketahui bahwa seiring dengan bertambahnya umur kita, maka rambut kita juga akan mengalami penipisan.  Oleh karena itu, apabila Anda adalah orang-orang yang termasuk dalam kategori orang-orang yang peduli akan hal rambut atau penampilan, tentunya akan lebih baik untuk lebih awal mengetahui cara mengurangi rambut rontok supaya bisa dilakukan pencegahan sedini mungkin.

II. TANDA-TANDA DAN PENYEBAB KERONTOKAN RAMBUT

Sebelum memulai pembahasan mengenai cara mengurangi rambut rontok, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu tanda-tanda dan penyebab rambut rontok sehingga kita dapat menggunakan cara mengurangi rambut rontok yang tepat sesuai dengan penyebabnya.

II.a TANDA-TANDA RAMBUT RONTOK (KEBOTAKAN)

Tanda awal yang terlihat adalah semakin banyak rambut yang tertinggal pada sisir ketika Anda selesai menyisir atau semakin banyak rambut yang rontok di lantai ketika Anda selesai keramas.  Tanda-tanda lainnya juga bisa terlihat dari kulit kepala yang semakin jelas terlihat ketika Anda menyisir rambut Anda.  Pada pria biasanya terlihat dengan semakin melebarnya kedua sisi kepala Anda, sedangkan pada wanita biasanya terlihat dengan semakin melebarnya garis rambut Anda.  Bila tanda-tanda ini dibiarkan terus berlanjut dan mencapai tahap tertentu, maka walaupun Anda mengikuti cara mengurangi rambut rontok  yang akan diuraikan di bawah ini, hasilnya akan sia-sia saja.

botak pria

Tanda kebotakan pada pria

botak wanita

Tanda kebotakan pada wanita

II.b PENYEBAB KERONTOKAN RAMBUT

Faktor penyebab kerontokan rambut sendiri bisa disebabkan oleh dua faktor, yaitu: faktor dari luar dan faktor dari dalam.  Apabila kedua faktor ini terjadi pada Anda, maka cara mengurangi rambut rontok yang terbaik adalah dengan mengatasi kedua faktor tersebut sekaligus.

1. Faktor dari luar.

Faktor dari luar biasanya disebabkan oleh hal-hal dibawah ini:

  • Pengunaan bahan-bahan kimia atau obat-obatan.
    Pada jaman sekarang ini, semakin banyak produk kosmetik untuk rambut yang beredar di pasaran, seperti halnya pewarna rambut ataupun produk-produk untuk meluruskan rambut. Produk-produk ini banyak yang menggunakan bahan-bahan kimia sehingga apabila dipakai secara berlebihan bisa merusak rambut dan kulit kepala. Beberapa obat-obatan untuk mengobati penyakit tertentu juga memiliki efek samping yang membuat rambut menjadi rontok, namun biasanya rambut akan tumbuh kembali ketika konsumsi obat-obatan ini dihentikan.
  • Gaya rambut.
    Sering merubah gaya rambut juga bisa menjadi penyebab kerontokan rambut, ini disesbabkan karena beberapa gaya rambut dapat menyebabkan rambut tertarik dari akarnya sehingga rambut menjadi lebih cepat rapuh dan mudah patah.
  • Radikal bebas.
    Tidak dapat dipungkiri bawah pada jaman sekarang ini, polusi sudah merebak kemana-mana.  Polusi menyebabkan radikal bebas banyak berkeliaran di sekitar kita, contohnya asap kendaraan di jalan raya.  Radikal bebas ini mempercepat proses penuaan dini, imbasnya kita semakin mudah jatuh sakit, mengalami kerontokan rambut, bahkan bisa terkena penyakit-penyakit yang mengancam jiwa seperti kanker.
  • Kutu rambut.
    Kutu rambut hidup di negara tropis, maka tak heran apabila Anda bisa ketularan kutu rambut apabila berdekatan dengan orang-orang yang rambutnya terlebih dahulu dihinggapi oleh kutu.  Air liur kutu ataupun gigitan kutu akan membuat kulit kepala menjadi gatal sehingga bisa menimbulkan luka di kulit kepala Anda.  Kutu juga sangat mudah berkembang biak, hanya dalam waktu 1 minggu saja bisa puluhan bahkan ratusan telur yang mereka hasilkan.  Disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mencari cara mengurangi rambut rontok pada kasus ini mengingat adanya kemungkinan pengobatan spesialis diperlukan.

2. Faktor dari dalam.

Faktor dari dalam biasanya disebabkan oleh hal-hal dibawah ini:

  • Keturunan.
    Faktor keturunan adalah penyebab utama terjadinya kebotakan, hal ini lebih sering terjadi pada pria dibandingkan pada wanita.  Bahkan sebuah studi di Maryborough, Victoria, Australia menunjukkan bahwa 73.5% pria dan 57% wanita mengalami kebotakan ketika mencapai usia 80 tahun.  Tanda-tandanya mulai terlihat ketika mulai menanjak di usia 30 tahunan.  Penyebabnya adalah tubuh mulai memproduksi hormon DHT.  DHT akan masuk ke bagian akar rambut dan menutup saluran nutrisi sehingga rambut tidak mendapatkan asupan nutrisi yang dibutuhkan, alhasil akar rambut akan mati dan kulit kepala menjadi gundul.
  • Stress dan penyakit
    Jangan pernah meremehkan stress, stress yang berkepanjangan dapat menimbulkan berbagai macam penyakit, mulai dari kerontokan rambut sampai kepada kanker.  Hindari stress dengan lebih banyak berdoa, mengampuni dan mendekatkan diri pada Sang Pencipta.  Penyakit yang diderita juga mampu menyebabkan kerontokan rambut, seperti halnya apabila terkena penyakit diabetes.
  • Kekurangan nutrisi
    Kekurangan nutrisi merupakan penyebab yang paling mudah diatasi namun juga merupakan hal yang paling sering dilupakan oleh sebagian besar orang.  Perlu diketahui bahwa rambut seperti halnya bagian tubuh lainnya juga membutuhkan nutrisi untuk tetap bisa hidup lebih lama.  Di bawah ini  akan dijelaskan lebih dalam mengenai nutrisi-nutrsi yang baik untuk mengurangi rambut rontok.

 III. CARA MENGURANGI RAMBUT RONTOK

Setelah kita mengetahui penyebab dari rambut rontok, akan lebih mudah untuk mengetahui cara mana yang paling cocok untuk kita terapkan bagi diri sendiri dalam cara mengurangi rambut rontok.

1. Cara mengurangi rambut rontok karena bahan kimia adalah dengan mengurangi pemakaian produk kimiawi dan menggantikan dengan produk herbal/alami.
Produk herbal/alami dikenal untuk tidak memiliki efek samping yang membahayakan bagi tubuh, selain itu karena sifatnya yang alami membuat proses penyerapannya lebih mudah diserap oleh tubuh.  Oleh karena itu selalu gunakan produk herbal/alami, tentu saja produk herbalnya harus yang berkualitas dan sudah teruji di lapangan.

2. Cara mengurangi rambut rontok karena sering mengganti gaya rambut adalah dengan tidak terlalu sering bergunta-ganti gaya rambut.
Seperti yang sudah diuraikan diatas, gaya rambut tertentu bisa menyebabkan rambut tertarik dan akhirnya mengakibatkan rambut mudah patah.  Gunakan gaya rambut yang tidak merusak rambut dan kurangi penggunaan produk-produk yang membuat rambut cepat rusak seperti halnya pelurus rambut ataupun pewarna rambut.

3. Cara mengurangi rambut rontok terbaik adalah dengan memperbaiki asupan nutrisi Anda.
Dengan memperbaiki nutrisi, Anda dapat langsung mencegah beberapa penyebab kerontokan rambut sekaligus, oleh karena itu sangat dianjurkan untuk memperbaiki nutrisi Anda semenjak dini karena selain banyaknya keuntungan bagi kesehatan yang diperoleh, hal ini juga diyakini merupakan cara mengurangi rambut rontok yang paling ampuh.  Kerontokan pada rambut  dapat dicegah dengan memenuhi nutrisi-nutrisi di bawah ini:

  • Zat besi, rambut yang tipis dan mudah patah menunjukkan bahwa seseorang kekurangan zat besi.  Zat besi bisa diperoleh dari sayuran-sayuran seperti bayam, kacang merah dan daging merah.
  • Protein, sebagian besar bagian rambut terdiri dari protein.  Kekurangan protein akan menghambat laju pertumbuhan rambut.  Protein dapat diperoleh dari telur, kangkung, kacang tanah, susu, dan ikan.
  • Vitamin A, berfungsi merangsang pertumbuhan sel rambut serta kulit kepala serta pembentukan sebum.  Banyak ditemukan pada buah-buah dan sayuran yang berwarna merah/oranye, atau hijau tua.
  • Vitamin B6 dan B12, berfungsi untuk mencukupi kebutuhan oksigen dan zat gizi pada rambut sehingga rambut bisa tumbuh secara maksimal dan mengontrol kadar minyak pada kulit kepala.  Bisa didapatkan dengan mengkonsumsi kacang-kacangan atau biji-bijian.
  • Vitamin C, berfungsi sebagai bahan pembentuk kolagen pada rambut.  Vitamin ini banyak ditemukan pada buah-buahan dan sayur-sayuran hijau.
  • Vitamin D, berfungsi untuk merangsang pertumbuhan rambut baru. Mudah didapatkan dengan cara berjemur di sinar matahari pada pagi hari.
  • Omega-3, berfungsi untuk menutrisi batang rambut dan membran sel di kulit kepala, menjaga kelembaban rambut serta mengurangi ketombe.  Omega-3 bisa didapatkan dari minyak ikan salmon dan kacang almond.
  • Zinc (Seng), berfungsi sebagai anti DHT alami.  DHT sebagai penyebab utama timbulnya kebotakan dapat dicegah dengan mengkonsumsi zinc (seng) secara teratur. Selain itu zinc (seng) juga berfungsi untuk merangsang pertumbuhan rambut, memperbaiki jaringan dan membantu menjaga kulit kepala serta rambut tetap sehat.  Zinc (seng) dapat diperoleh dari kerang-kerangan, daging sapi, telur dan susu.
  • Selenium, zat satu ini berfungsi sebagai anti oksidan alami dan juga bermanfaat dalam merangsang folikel rambut untuk mendorong pertumbuhan baru sel rambut.  Selenium agak sulit didapatkan oleh karena itu untuk memperolehnya bisa dengan mengkonsumsi suplemen anti-oksidan yang memiliki kandungan selenium.
  • Air, sekitar 70% kandungan tubuh kita berupa cairan, kekurangan air pada tubuh akan membuat tubuh kita seperti buah yang dikeringkan, begitu pula dengan rambut kita akan jauh lebih rapuh apabila kita kekurangan air.  Disarankan untuk mengkonsumsi 2 liter air (kira-kira 8 gelas) setiap harinya untuk mencukupkan kebutuhan tubuh akan air.

Semoga tips cara mengurangi rambut rontok yang sudah diuraikan diatas bermanfaat bagi Anda, salam sehat dari sehat100.