Fungsi Spirulina bagi Kesehatan

Fungsi spirulina bagi kesehatan

Fungsi spirulina bagi kesehatan

Spirulina adalah sejenis tanaman mikro yang sudah hidup di permukaan bumi semenjak jaman purrba, tepatnya sekitar 3,7 miliar tahun lalu.  Sejarah mencatat bahwa orang-orang dari jaman kuno sudah lama memanfaatkan fungsi spirulina sebagai nutrisi alami maupun sebagai obat.  Spirulina sangat kaya akan manfaat dan nutrisi sehingga mendapat gelar “Super Food” (makanan super), hal ini dikarenakan kandungan gizi pada spirulina jauh lebih tinggi dibandingan makanan lainnya.  Secara struktural, spirulina mempunyai struktur sel yang sama dengan struktur dari sel bakteri, di mana sama-sama bersifat prokariotik.  Spirulina dapat hidup di daerah dengan tingkat kelembaban tinggi, selain mudah ditemukan di air tawar dan air laut, tanaman ganggang hijau ini juga dapat ditemukan di tempat-tempat lembab lainnya, seperti: pot, tembok, dan batu karang, yang biasanya bersifat lembab.

Fungsi spirulina dilihat dari kandungannya

Fungsi spirulina sebagai makanan kesehatan sudah terbukti dalam sejarah.  Ini dikarenakan spirulina kaya akan kandungan nutrisi, kandungan beta-karoten pada spirulina sangat tinggi, mencapai 10x lipatnya wortel, spirulina juga kaya akan zat besi, GLA (gamma-linolenic acid), vitamin A, vitamin B kompleks, mulai dari B1, B2, B6, B3 hingga B12, vitamin D, dan vitamin K.  Per 10 gram tanaman spirulina memiliki kandungan vitamin B1 atau thiamin 0.31 mg, vitamin B3 atau niacin 1.46 mg, vitamin B2 atau riboflavin 0.35 mg, vitamin B12 atau cobalamine 32 mcg, dan vitamin B6 atau pyridoxine 80 mcg.  Kandungan nutrisi pada spirulina juga hampir sama dengan standar ideal kebutuhan tubuh manusia yang dirancang oleh Badan Pangan dan Pertanian Dunia, oleh karenanya spirulina banyak mendapat penghargaan dari PBB dan berbagai negara di dunia.

Fungsi spirulina bagi kesehatan manusia

  1. Mengatasi malnutrisi (kekurangan gizi).
    Spirulina banyak digunakan untuk mengatasi masalah malnutrisi karena tingginya kandungan nutrisi dari spirulina itu sendiri, selain itu asam laktat dari spirulina dapat dengan mudah terserap usus apabila Anda membandingkannya dengan jenis asam laktat lain yang terkandung di dalam susu.  Cukup dengan konsumsi 3,6 gram spirulina saja, atau kurang lebih 2/3 sendok makan, kebutuhan tubuh harian akan asam amino esensial sudah terpenuhi.
  2. Menyembuhkan alergi.
    Fungsi spirulina kedua yaitu untuk menyembuhkan alergi. Spirulina terbukti dapat melawan reaksi alergi tubuh melalui cara pencegahan pelepasan histamin, histamin ini merupakan zat penyebab terjadinya gejala alergi, contohnya mata berair dan hidung tersumbat.
  3. Menyembuhkan anemia.
    Sel-sel darah putih, sel-sel darah merah, dan hemoglobin dapat distabilkan melalui spirulina.  Pernah dilakukan eksperimen dengan menggunakan hewan, hasil penelitian menunjukkan jika spirulina ternyata dapat meningkatkan hemtopoiesis, atau dikenal juga dengan pembentukan sel-sel darah merah.  Hal ini dikarenakan tingginya kandungan zat besi yang ada pada spirulina.
  4. Mengatasi infeksi dan menambah imunitas tubuh.
    Spirulina mempunyai keunggulan untuk dapat menangkal berbagai infeksi, contohnya influenza, herpes, virus HIV, dan juga cytomegalovirus.
  5. Mengatasi masalah kerusakan liver dan diabetes.
    Konsumsi spirulina secara teratur dapat membantu tubuh untuk melawan perusakan cicirrhosis dan lever dari hepatitis kronis dan juga membantu mencegah terkenanya diabetes dan mengobati penderita pradiabetes.

Masih ada banyak fungsi spirulina lainnya, apabila Anda tertarik untuk mengetahui fungsi spirulina dan manfaatnya lebih jauh, Anda bisa membaca artikel kami di bawah ini:

1. Manfaat spirulina

Rekomendasi dari  kami

Spirulina Capsules Tiens

SPIRULINA CAPSULES TIENS

Spirulina Capsules Tiens adalah suplemen dengan bahan dasar Antrospira sp. berkualitas tinggi.  Kadar nutrisi yang dikandung dalam spirulina sangat tinggi sehingga spirulina secara resmi digunakan oleh NASA sebagai makanan astronot yang sedang menjalankan misi di stasiun luar angkasa internasional – International Space Station (ISS).  Spirulina mengoptimalkan metabolisme dan meningkatkan imunitas tubuh.  Orang yang mengkonsumsi spirulina dalam jangka panjang akan merasakan tubuhnya senantiasa penuh energi.  Spirulina Capsules Tiens menggunakan bahan dasar berkualitas tinggi yang diproduksi dengan teknologi canggih sehingga dengan konsumsi secara teratur akan memberikan gizi yang seimbang bagi tubuh manusia.

Spesifikasi produk:

Kode Produk: SPIRULINA

Komposisi utama: Antrospira sp. 500mg

Dosis: 3×4 kapsul, diminum dengan air hangat

Spesifikasi: 0,5 gram x 100 kapsul (perbotol)

Ijin POM: TR 032-326-321

Fungsi utama produk:

  1. Memenuhi kebutuhan gizi sehari-hari, terutama anak-anak dan ibu hamil serta menyusui.
  2. Menambah imunitas, menambah kemampuan tubuh untuk melawan berbagai penyakit menular.
  3. Meningkatkan kekuatan melawan berbagai radiasi.
  4. Membantu mengendalikan diabetes dan memulihkan mereka yang masih dalam tahap pradiabetes.
  5. Menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan menormalkan tekanan darah.
  6. Mengurangi resiko terkena penyakit pembuluh darah jantung (jantung koroner).
  7. Memperlambat proses penuaan, menyehatkan dan mempercantik kulit.

Bagi Anda yang tertarik untuk mengetahui info lebih lengkap mengenai produk, daftar harga dan manfaatnya, Anda bisa mengklik tautan kami di bawah ini:
1. Penjelasan lengkap mengenai Spirulina Capsules Tiens

Sekian informasi mengenai fungsi spirulina bagi kesehatan, salam sehat.