Manfaat Spirulina

I. SEKILAS MENGENAI SPIRULINA

Spirulina

Algae Spirulina

Spirulina adalah sejenis ganggang biru-hijau bersel satu yang menurut para pakar biologis dinobatkan sebagai makhluk hidup pertama di bumi.  Spirulina bernama latin Arthrospira platensis dan Arthrospira maxima, diberikan nama spirulina karena bentuknya yang menyerupai spiral.  Spirulina dapat ditemukan pada danau asin yang terletak di daerah tropis dan subtropis.  Pada jaman sekarang, spirulina banyak dikonsumsi sebagai suplemen tambahan karena manfaat spirulina sangat banyak.  Penduduk benua Afrika telah lama mengenal manfaat spirulina dan nilai gizi yang terkandung di dalamnya sehingga menjadikan spirulina sebagai makanan pokoknya, hal ini membuat tubuh mereka kuat dan berenergi sehingga dapat bertahan hidup dalam kondisi lingkungan yang panas.  Penelitian pakar medis juga menemukan bahwa orang Afrika setempat jarang sakit, hal ini berkaitan erat dengan spirulina yang mereka konsumsi karena memiliki manfaat untuk menambah imunitas tubuh.  Setelah penelitian yang lebih mendalam, spirulina ditetapkan sebagai makanan yang memiliki nutrisi paling sempurna dan paling seimbang dibandingkan makanan yang dikenal orang sekarang ini, sehingga mendapat gelar “Super Food” (Makanan Super).  Pada tahun 1973 di konferensi protein internasional, Profesor Clementi, seorang ilmuwan dari Perancis, mengumumkan bahwa spirulina merupakan sumber makanan berprotein alami paling baik yang ditemukan oleh manusia sampai sekarang.

MANFAAT SPIRULINA

Manfaat spirulina sangat banyak, ini dikarenakan spirulina sangat kaya akan kandungan beta karoten, asam amino esensial, protein dan berbagai mineral penting lainnya.  Di antara tumbuhan alami yang telah diketahui, spirulina adalah yang paling unggul dalam hal mengumpulkan berbagai jenis zat nutrisi dan senyawa terbaik yang berfungsi untuk memelihara kesehatan tubuh.  Kandungan nutrisi dalam 1 gram spirulina sama dengan kandungan nutrisi pada 500 gram sayuran dan buah-buahan, dengan kata lain asupan 8 gram spirulina dapat memenuhi asupan nutrisi untuk 40 hari.  Sebagai perbandingan, kandungan beta karoten pada spirulina 10x lipat lebih tinggi daripada wortel, 10 gram spirulina dapat memenuhi 70% kebutuhan harian tubuh akan zat besi dan sekaligus memenuhi 3-4x lipat kebutuhan harian akan vitamin A, vitamin B komplek, vitamin D dan vitamin K.  Spirulina juga baik untuk balita karena kaya akan GLA (gamma-linolenic acid) yaitu zat asam yang banyak ditemukan pada ASI dan karena mudah diserap, spirulina juga dapat membantu tubuh dalam memerangi malnutrisi.  Kandungan nutrisi pada spirulina juga hampir sama dengan standar ideal kebutuhan tubuh manusia yang dirancang oleh Badan Pangan dan Pertanian Dunia, oleh karenanya spirulina banyak mendapat penghargaan dari PBB dan berbagai negara di dunia.

Beberapa contoh manfaat spirulina:

  1. Manfaat spirulina dalam menambah kekebalan tubuh.

    Spirulina banyak mengandung berbagai nutrisi penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh, seperti β-carotene, phycoyanin, polisakarida, dan nutrisi–nutrisi lainnya, yang dapat meningkatkan aktivitas imun tubuh.  Spirulina juga dapat mengganggu reproduksi berbagai macam virus, sebuah penelitian di Jepang mengumumkan bahwa ekstrak khusus dari spirulina dapat menghambat reproduksi virus HIV, virus herpes, virus penyakit menular, virus parotis dan virus campak.  Tingginya kandungan asam amino dalam spirulina juga dapat membantu proses pemulihan sel, memulihkan fungsi liver, dan membantu pengobatan radang liver.  Spirulina juga dapat menambah energi, mempercepat pemulihan dari sakit, mengatur metabolisme, meningkatkan fungsi organ, melawan kekurangan oksigen.  Pakar medis juga menemukan bahwa spirulina dapat merangsang tubuh untuk menghasilkan sel darah baru.

  2. Manfaat spirulina dalam meningkatkan kekuatan melawan radiasi.

    Manfaat spirulina sebagai suplemen kesehatan alami dalam melawan radiasi juga sudah diakui dunia.  Kandungan polisakarida pada spirulina dapat menghambat radiasi berbahaya yang ditimbulkan pada reproduksi normal sel sum-sum.  Pada tahun 1986, terjadi kebocoran nuklir di stasiun nuklir Chenobyl, Rusia.  Puluhan ribu penduduk segera mendapat ancaman kematian karena radiasi nuklir, masyarakat internasionalpun dengan segera memberi bantuan pertolongan kemanusiaan.  Dari berbagai bantuan untuk bencana ini, bantuan yang paling berharga adalah produk sprirulina yang baru saja diteliti dan diproduksi oleh Jepang.  Produk ini dapat dengan cepat memulihkan fungsi pembuatan darah pada tubuh penderita yang terkena radiasi sehingga menurunkan persentase timbulnya penyakit radiasi.

    Sekarang ini, kita juga menghadapi bahaya yang ditimbulkan dari udara, air, radiasi gelombang mikro, telpon genggam, dan makanan yang tercemar.  Tubuh kita perlu terus-menerus membasmi zat racun yang terkumpul di dalam tubuh.  Kandungan asam frolik, phycoyanin dan polisakaradi pada spirulina dapat membantu tubuh menghilangkan racun.  Spirulina juga merupakan suplemen tambahan ideal untuk pasien yang sedang melakukan radioterapi dan kemoterapi tumor, penelitian klinis menunjukkan bahwa spirulina dapat menghilangkan reaksi buruk dari efek radioterapi dan kemoterapi tumor.

  3. Manfaat spirulina dalam membantu penderita diabetes.

    Penderita diabetes mudah sekali terkena kekurangan nutrisi, hal ini dikarenakan banyaknya pantangan pada makanan dan minuman.  Spirulina mengandung banyak kandungan nutrisi yang dibutuhkan tubuh sehingga dapat membantu penderita diabetes dengan cepat menambah asupan nutrisi yang kurang.  Pada waktu bersamaan, spirulina juga mempunyai khasiat yang baik untuk membantu pengobatan diabetes.  Serangkaian penelitian menunjukkan bahwa kandungan polisakarida pada spirulina melalui fungsinya dalam hal memperkuat tubuh membasmi radikal bebas, dapat mengurangi atau menghambat luka yang ditimbulkan radikal bebas pada sel β-pankreas, meningkatkan pemulihan dan regenerasi sel β-pankreas, memperbaiki kekurangan insulin, dan memperbaiki kekacauan metabolisme lemak yang disebabkan karena oksidasi zat lemak.  Selain itu, kandungan flavon di dalam spirulina juga dapat memperbaiki fungsi sel β-pankreas, memperbaiki stamina penderita diabetes, dan menurunkan gula darah serta lemak darah.  Walaupun manfaat spirulina dalam menurunkan kadar gula lebih lemah daripada obat-obatan China maupun Barat, tetapi spirulina tidak memiliki efek samping sehingga aman dikonsumsi dalam jangka panjang.

  4. Manfaat spirulina dalam mencegah penyakit pembuluh darah dan jantung.

    Seiring dengan meningkatnya taraf kehidupan dan perubahan struktur makanan, penyakit pembuluh darah otak dan jantung telah menjadi “pembunuh nomor satu” penduduk kota modern.  Untuk menghindari timbulnya penyakit jantung dan stroke, maka kita harus menurunkan kandungan kolesterol berbahaya di dalam darah.  Selain merubah gaya hidup dan pola makanan yang tidak baik, sangatlah penting untuk mengkonsumsi makanan alami yang berfungsi memelihara kesehatan, dalam hal ini spirulina merupakan pilihan terbaik.

    Hasil penelitian Fakultas Sains Universitas Tokyo menunjukkan bahwa spirulina kaya akan kandungan asam amino esensial, yaitu y-asam linolenik, yang berfungsi untuk menurunkan kolesterol plasma darah, memperbaiki tingkat pengerasan pembuluh nadi, dengan demikian dapat meringankan penyakit jantung tanpa adanya efek samping.

    Di Jepang dan India, telah diterbitkan literatur penelitian ilmiah yang menunjukkan bahwa asupan beberapa gram spirulina setiap hari dapat menurunkan kolesterol, menurunkan LDL (kolesterol yang tak baik), dan meningkatkan HDL (kolesterol yang baik).  Penelitian Jerman dan Jepang juga menemukan bahwa seiring dengan menurunnya kadar kolesterol, maka berat badan juga akan ikut turun.

  5. Manfaat spirulina dalam merawat kecantikan dan melawan penuaan.

    Manfaat spirulina sebagai makanan anti-aging sudah dikenal luas, ini dikarenakan spirulina banyak mengandung β-carotene, vitamin E, γ-asam linolenik, yang merupakan zat aktif untuk melawan penuaan, serta berkhasiat untuk menghilangkan radikal bebas di dalam tubuh, mengatur metabolisme, memperlambat penyusutan kelenjar, meningkatkan vitalitas, dan memberikan kecantikan dari dalam dan luar tubuh.

    Spirulina merupakan makanan bernutrisi yang tinggi akan protein dan rendah kalori, banyak mengandung protein nabati, vitamin, asam frolik, β-carotene, γ-asam linolenik dan berbagai zat nutrisi yang seimbang.  Manfaat spirulina yang tinggi nutrisi namun rendah kalori dan rendah lemak, akan memberikan nutrisi yang sempurna bagi tubuh.  Spirulina juga banyak mengandung zat besi, oleh karena itu dalam proses penurunan berat badan, tak akan menimbulkan gejala anemia karena kekurangan zat besi.

  6. Manfaat spirulina dalam memenuhi kebutuhan nutrisi anak-anak.

    Anak-anak pada masa pertumbuhan sangatlah memerlukan berbagai zat nutrisi.  Apabila asupan nutrisi tak mencukupi pada tahap pertumbuhan, maka akan membawa dampak yang buruk bagi kesehatan sang anak di kemudian hari.  Kandungan nutrisi yang sempurna, kaya dan mudah diserap pada spirulina menjadikan spirulina sebagai pilihan terbaik sebagai suplemen nutrisi tambahan bagi anak-anak.

III. CONTOH MANFAAT SPIRULINA DALAM SEJARAH

  1. “Senjata Rahasia” perusahaan penerbangan Amerika dan Rusia.

    Kondisi fisik dan mental awak kapal biasanya harus lebih unggul daripada kondisi pekerja pada umumnya mengingat jam kerja mereka yang cukup lama, oleh karena itu agar kondisi tubuh tetap optimal, mereka harus didukung oleh asupan nutrisi yang tercukupi.  Namun keadaan ruang pesawat yang serba terbatas membuat tidak mungkin untuk menyimpan makanan dalam jumlah yang banyak.  Oleh karenanya diperlukan “makanan serba bisa” yang mempunyai kandungan nutrisi yang lengkap dan harus memenuhi syarat lainnya, yaitu: bentuknya kecil, beratnya ringan, aman untuk dikonsumsi, tak memiliki efek samping, dapat diserap dengan mudah dan cepat, tak menghasilkan sisa makanan, tahan lama dan mudah disimpan.  Demi memecahkan masalah yang rumit ini, banyak peneliti perusahaan penerbangan Amerika dan Rusia memutuskan untuk menjadikan spirulina sebagai jawaban bagi permasalahan ini.

  2. Manfaat spirulina sebagai “makanan super”

    Pada tahun 1492, penjelajah Columbus menemukan spirulina di Meksiko, dan telah membuktikan manfaat spirulina dengan matanya sendiri.  Tetapi pada masa itu, orang Eropa sedang tenggelam dalam kegembiraan menemukan daratan baru, dan tidak memperhatikan penemuan besar ini, sehingga akhirnya terlupakan.  Sampai pada tahun 1940, spirulina baru kembali ditemukan di sebuah danau di Afrika Tengah oleh sebuah tim penjelajah Eropa.  Sejak itu, spirulina dengan berbagai manfaatnya yang tak terkalahkan telah mengungkapkan keajaiban yang menghebohkan dunia.

    Panjangnya usia orang Jepang menempati urutan nomor satu di dunia, ini disebabkan karena mereka dapat mengkonsumsi 500 ton spirulina dalam setahun.  Pada saat mereka berpergian ke luar negeri, mereka selalu membawa serta makanan ini.  Setiap tahunnya, Jepang mengimpor dari Amerika lebih dari 500 ton produk spirulina (Jepang tidak mempunyai spirulina alami di dalam negeri), di antara penduduk yang berusia 50 tahun ke atas di Jepang, 73% darinya rutin mengkonsumsi spirulina.

IV. DAFTAR PENGHARGAAN YANG PERNAH DITERIMA SPIRULINA

  1. Badan Pangan dan Pertanian Dunia: “Spirulina merupakan makanan yang paling ideal di abad ke-21”.
  2. Organisasi Bahan Pengajaran PBB: “Merupakan makanan yang paling ideal dan paling sempurna”.
  3. Konferensi Protein Mikro-biologis Internasional menetapkan spirulina sebagai “makanan gizi super masa depan”.
  4. Konferensi Pangan Sedunia mengakui spirulina sebagai “Makanan gizi super”.
  5. Konferensi Dunia PBB memuji spirulina sebagai “Sumber nutrisi paling ideal di abad ke-21”.
  6. Badan Kesehatan Dunia menetapkan: “Spirulina adalah suplemen pemelihara kesehatan terbaik bagi manusia di abad ke-21”.
  7. Badan Pengawas Makanan dan Obat-obatan Amerika: “Spirulina merupakan sumber protein terbaik bagi manusia”.
  8. Departemen Kesehatan China menetapkan spirulina sebagai “makanan gizi sumber daya baru”.

V. REKOMENDASI DARI KAMI

Spirulina Capsules Tiens

SPIRULINA CAPSULES TIENS

Spirulina Capsules Tiens adalah suplemen dengan bahan dasar Antrospira sp. berkualitas tinggi.  Kadar nutrisi yang dikandung dalam spirulina sangat tinggi sehingga spirulina secara resmi digunakan oleh NASA sebagai makanan astronot yang sedang menjalankan misi di stasiun luar angkasa internasional – International Space Station (ISS).  Spirulina mengoptimalkan metabolisme dan meningkatkan imunitas tubuh.  Orang yang mengkonsumsi spirulina dalam jangka panjang akan merasakan tubuhnya senantiasa penuh energi.  Spirulina Capsules Tiens menggunakan bahan dasar berkualitas tinggi yang diproduksi dengan teknologi canggih sehingga dengan konsumsi secara teratur akan memberikan gizi yang seimbang bagi tubuh manusia.

Spesifikasi produk:

Kode Produk: SPIRULINA

Komposisi utama: Antrospira sp. 500mg

Dosis: 3×4 kapsul, diminum dengan air hangat

Spesifikasi: 0,5 gram x 100 kapsul (perbotol)

Ijin POM: TR 032-326-321

Fungsi utama produk:

  1. Memenuhi kebutuhan gizi sehari-hari, terutama anak-anak dan ibu hamil serta menyusui.
  2. Menambah imunitas, menambah kemampuan tubuh untuk melawan berbagai penyakit menular.
  3. Meningkatkan kekuatan melawan berbagai radiasi.
  4. Membantu mengendalikan diabetes dan memulihkan mereka yang masih dalam tahap pradiabetes.
  5. Menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan menormalkan tekanan darah.
  6. Mengurangi resiko terkena penyakit pembuluh darah jantung (jantung koroner).
  7. Memperlambat proses penuaan, menyehatkan dan mempercantik kulit.

Bagi Anda yang tertarik untuk mengetahui info lebih lengkap mengenai produk, daftar harga dan manfaatnya, Anda bisa mengklik tautan kami di bawah ini:
1. Penjelasan lengkap mengenai Spirulina Capsules Tiens