Manfaat Zinc Bagi Tubuh

I. SEKILAS MENGENAI ZINC

Zinc adalah mineral penting yang diperlukan tubuh manusia, dan terutama banyak ditemukan di dalam sel tubuh. Saat tubuh beraktivitas, Zinc berperan sebagai katalisator reaksi-reaksi biokimia dalam tubuh dan sebagai salah satu komponen penting pada DNA, RNA dan penyatuan asam nukleat. Zinc juga banyak ditemukan dalam sistem saraf, sistem kekebalan tubuh, jaringan darah, sistem pencernaan manusia, dan terlibat dalam metabolisme dengan hampir 300 jenis enzim di dalam tubuh.

II. MANFAAT ZINC BAGI TUBUH

1. Zinc bagi Anak
Zinc sebagai salah satu dari mikronutrien, terbukti berperan penting dalam penyatuan protein dan asam nukleat dalam tubuh. Dengan kata lain, Zinc berperan aktif dalam proses perpecahan, pertumbuhan, dan regenerasi sel, sehingga defisiensi Zinc akan mengakibatkan pertumbuhan anak melambat dan tubuh menjadi pendek, kecil serta mudah terserang penyakit. Zinc juga berperan aktif dalam pembentukan sel otak besar, terbukti dengan ditemukannya mineral tersebut dalam jumlah sangat banyak di daerah daya ingat pada otak besar. Defisiensi Zinc akan menyebabkan daya ingat anak menurun dan berefek buruk pada sistem saraf sehingga reaksi anak menjadi lambat, dan bahkan dapat menyebabkan kekacauan fungsi otak atau menyebabkan anak menjadi hiperaktif.
2. Zinc bagi Remaja
Masa remaja merupakan masa saat tubuh manusia sangat aktif menghasilkan hormon. Zinc sebagai katalisator reaksi biokimia tentu berperan sangat penting dalam hal tersebut. Hormon yang berkaitan dengan Zinc adalah insulin, IGF-1, hormon pertumbuhan, dan hormon seks. Kecukupan asupan Zinc dapat memaksimalkan pertumbuhan remaja. Namun sebaliknya, kekurangan asupan Zinc akan mengakibatkan pertumbuhan tubuh melambat dan bahkan terhenti. Selain itu, Zinc pun berperan langsung dalam pembentukan jaringan kolagen, pertumbuhan tulang, perubahan T1 menjadi T3, dan lain sebagainya.
3. Zinc dan Penglihatan
Zinc adalah salah satu zat utama yang diperlukan untuk memelihara penglihatan dan meningkatkan regenerasi sel penglihatan. Kandungan Zinc dalam mata sangat tinggi, terutama pada membran penglihatan dan selaput pembuluh darah. Zinc juga berperan dalam penyatuan vitamin A di dalam liver dan tubuh manusia. Oleh karena itu, defisiensi Zinc akan mempengaruhi penglihatan dan kemampuan adaptasi mata di dalam gelap. Rabun jauh juga berkaitan dengan defisiensi Zinc, kalsium, dan tembaga, selain diakibatkan oleh gaya hidup yang kurang baik. Kandungan Zinc pada penderita rabun jauh biasanya lebih rendah dari orang-orang berpenglihatan sehat.
4. Zinc dan Indera Perasa
Zinc juga berperan dalam mempengaruhi indera perasa dan napsu makan. Fungsi Zinc dalam metabolisme tubuh sangat diperlukan saat pembentukan sel selaput lendir mulut. Defisiensi Zinc akan membuat regenerasi sel pada selaput lendir mulut menjadi tidak sempurna sehingga masa paruh hidupnya menyusut, mudah terlepas, menutupi dan menghalangi lubang-lubang kecil yang berfungsi sebagai perasa di lidah, akibatnya makanan terasa tawar yang akhirnya mempengaruhi napsu makan.
5. Zinc dan Fungsi Reproduksi
Zinc berperan sangat penting dalam fungsi reproduksi. Penelitian selama beberapa puluh tahun menunjukkan bahwa sebagian dari penyebab rendahnya tingkat kelahiran dan kesulitan dalam hal melahirkan berkaitan dengan kurangnya asupan mikronutrien. Saat ini telah diketahui bahwa mikronutrien yang berkaitan dengan reproduksi adalah Zinc, tembaga, mangan dan magnesium. Dan mikronutrien yang paling sering terdapat dalam jumlah minim adalah Zinc.
Kandungan Zinc pada testeron pria dewasa, terutama pada bagian prostat melebihi kandungan Zinc pada organ manapun di seluruh tubuh. Kekurangan Zinc memperlambat aktivitas ACE (Angiotensin Converting Enzyme = enzim pengubah angiotensin I menjadi angiotensin II) dalam pembuluh darah, jika hal tersebut berlanjut, pembentukan sel sperma akan terhambat dan mengakibatkan kandungan sperma berkurang. Zinc juga berperan dalam perkembangan kelenjar seks sehingga memengaruhi metabolisme dan aktivitas sperma. Ketika asupan Zinc tidak mencukupi, fungsi embelan otak terganggu dan sekresi hormon seks berkurang, hal tersebut berefek buruk terhadap perkembangan kelenjar seks dan menghambat fungsi sekresi kelenjar seks.
Defisiensi Zinc pada wanita mempengaruhi keseimbangan hormon esterogen dan progesteron, perkembangan indung telur, mengganggu fungsi seks, mengakibatkan keguguran, masa hamil terlalu lama, pembuahan fetus yang tak normal, sulit melahirkan, penyakit toksin darah, melahirkan bayi dengan berat badan kurang, dan sebagainya.
6. Zinc dan Kepikunan
Seperenam bagian dari kandungan daerah daya ingat pada otak besar terdiri dari Zinc. Kandungan Zinc pada otak paling kental terdapat di daerah tersebut, yaitu 20 kali lipat kekentalan darah, dan 100 kali lipat kekentalan sumsum otak. Daerah daya ingat otak besar merupakan kumpulan sel saraf tempat terjadinya aktivitas saraf paling tinggi dan memiliki fungsi pembelajaran dan bicara serta penyimpanan informasi. Defisiensi Zinc pada bagian otak ini akan berefek pada masa usia lanjut dengan terjadinya penurunan daya ingat, gangguan aktivitas anggota tubuh, ketidaknormalan fungsi pemikiran, dan bahkan kepikunan dini.
7. Zinc dan Organ Lain dalam Tubuh
Zinc dapat meningkatkan daya regenerasi jaringan yang rusak. Peran Zinc dalam penyatuan protein, regenerasi sel, metabolisme energi, proses pernapasan, dan stabilitas selaput sel, mampu membantu mempercepat regenerasi jaringan yang rusak, dan akhirnya dapat meningkatkan proses penyembuhan luka dan radang kulit. Defisiensi Zinc berkaitan erat dengan penyakit kulit dan selaput lendir. Radang mulut, radang lidah, sariawan, jerawat di wajah, rambut rontok, kebotakan merupakan keluhan yang paling sering muncul akibat defisiensi Zinc. Zinc pun berperan dalam meningkatkan kekebalan tubuh, merangsang reaksi antibodi, dan meningkatkan fungsi imun. Saat tubuh kekurangan Zinc, sistem kekebalan tubuh adalah sistem yang rentan mengalami kerusakan karena defisiensi Zinc menurunkan kemampuan tubuh untuk melawan infeksi dan tumor. Defisiensi Zinc juga mengurangi jumlah sel limpa dalam darah sehingga membuat luka sulit sembuh dan terjadi infeksi berulang. Pemberian asupan Zinc yang cukup bagi orang tua memperlihatkan adanya pertambahan tingkat kekebalan tubuh secara nyata.

III. KEBUTUHAN HARIAN AKAN ZINC

Angka kebutuhan konsumsi Zinc termuat dalam aturan Dietary Reference Intakes yang dikeluarkan oleh Institute of Medicine. Dietary Reference Intakes (DRI) adalah istilah buatan suatu badan yang bertugas merancang dan memberikan aturan nutrisi bagi tubuh agar menjadi sehat. Sementara, Recommended Dietary Allowance (RDA) adalah standar rata-rata nutrisi per hari yang dperlukan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian bagi individu sehat. Aturan asupan Zinc harian yang ditentukan DRI:
– Bayi berusia 0 – 6 bulan : ± 2 mg
– Bayi berusia 7 bulan – 3 tahun : ± 3 mg
– Anak berusia 4 – 8 tahun : ± 5 mg
– Anak berusia 9 – 13 tahun : ± 8 mg
– Remaja berusia 14 – 18 tahun:
• Laki-laki : ± 11 mg
• Perempuan : ± 9 mg
*hamil : ±13 mg
*menyusui : ± 14 mg
– Dewasa berusia 19 tahun ke atas:
• Pria : ± 11 mg
• Wanita : ± 8 mg
*hamil : ±11 mg
*menyusui : ± 12 mg

IV. PENYEBAB DEFISIENSI ZINC

Tiga penyebab utama defisiensi Zinc pada tubuh:
1. Asupan Zinc tidak cukup
Defisiensi Zinc dalam tubuh biasanya disebabkan oleh kurangnya konsumsi makanan yang banyak mengandung Zinc dan kebiasaan mengonsumsi makanan padat seperti beras dan mie yang membuat tingkat penyerapan tubuh terhadap Zinc menjadi rendah karena makanan padat tersebut mengandung asam nabati, oksalat, dan serat. Sedangkan pada anak-anak yang sedang bertumbuh, defisiensi Zinc biasanya disebabkan kebiasaan buruk memilih-milih makanan dan pola makan “makanan mati” (Anda bisa membaca artikel kami tentang makanan mati disini). Bayi yang tidak diberi ASI juga rentan mengalami defisiensi Zinc karena kandungan Zinc pada ASI (terutama susu kolostrum) lebih tinggi dibandingkan dengan susu bayi formula.
2. Peningkatan jumlah asupan Zinc yang diperlukan tubuh
Masa pertumbuhan dan kehamilan merupakan masa yang rawan akan defisiensi Zinc karena metabolisme tubuh meningkat sehingga tubuh lebih cepat menghabiskan cadangan Zinc. Kondisi seperti ini dapat pula terjadi pada penderita penyakit tertentu seperti tumor atau infeksi.
3. Penyerapan Zinc terhambat
Kondisi saluran pencernaan sangat mempengaruhi tingkat penyerapan Zinc pada tubuh. Bagi seseorang yang sedang menderita penyakit saluran pencernaan seperti diare dapat menyebabkan Zinc, lemak dan karbonat bersatu menjadi senyawa yang tak dapat diurai sehingga mempengaruhi penyerapan Zinc. Diare yang disebabkan oleh radang usus juga akan menyebabkan Zinc dikeluarkan dalam tubuh dalam jumlah banyak.

V. GEJALA DEFISIENSI ZINC

Gejala-gejala yang timbul akibat defisiensi Zinc:
– Pertumbuhan tubuh melambat
– Tidak ada selera atau nafsu makan
– Penyembuhan luka yang lambat, infeksi yang tak kunjung sembuh
– Mudah lelah
– Kerontokan rambut
– Penurunan kemampuan mengecap rasa dan mencium bau
– Kesulitan melihat dalam keremangan
– Penurunan produksi hormon dan kesuburan pada pria

VI. SUMBER MAKANAN YANG BANYAK MENGANDUNG ZINC

1. Daging
Mengkonsumsi 0.3 kg daging panggang atau daging rebus dapat memenuhi sekitar 40% atau lebih kebutuhan harian akan Zinc dari dosis harian yang disarankan. Kandungan Zinc lebih banyak terdapat pada daging sapi, tulang rusuk, steak, serta domba, sedangkan pada daging ayam terdapat dengan kandungan yang lebih sedikit.
2. Makanan laut (Seafood)
Tiram merupakan sumber makanan yang mengandung Zinc paling tinggi. Makanan laut lainnya yang memiliki kandungan Zinc adalah kerang, lobster, ikan, dan daging kepiting.
3. Produk susu
Beberapa makanan dari produk susu merupakan sumber Zinc yang baik, produk seperti yogurt dan keju juga memiliki kandungan Zinc yang cukup baik.
4. Biji-bijian dan kacang-kacangan
Tepung gandum utuh, sereal, biji labu, kacang almond, kacang mete, biji bunga matahari, kacang kedelai, tempe, dan tahu merupakan sumber Zinc yang baik. Perlu diketahui bahwa kandungan Zinc dan mikronutrien lainnya pada sayuran tidaklah begitu banyak, oleh karena itu kami menyarankan agar mengkonsumsi suplemen Zinc bagi para vegetarian untuk memenuhi kebutuhan harian zat Zinc Anda.
Tips dan saran:
– Asupan zat besi yang berlebihan (> 25 mg) dapat mengurangi penyerapan zat Zinc dalam tubuh, oleh karena itu apabila Anda mengkonsumsi suplemen zat besi, disarankan untuk mengkonsumsinya pada waktu beberapa jam setelah makan.
– Zat Zinc sering hilang selama proses memasak, untuk mempertahankan kandungan Zinc, masak makanan dengan air sesedikit mungkin dan dalam waktu sesingkat mungkin.

VII. EFEK SAMPING KELEBIHAN ZINC

Walaupun Zinc sangat bermanfaat, konsumsi berlebihan tetap berdampak buruk bagi tubuh. Beberapa dampak buruk yang muncul ketika mengkonsumsi Zinc berlebih pada satu waktu:
– Mual
– Muntah
– Kehilangan nafsu makan
– Kram perut
– Diare
– Sakit kepala

Batas toleransi asupan Zinc harian menurut aturan DRI:
– Bayi berusia 0 – 6 bulan : 4 mg
– Bayi berusia 7 bulan – 1 tahun : 5 mg
– Anak berusia 1 – 3 tahun : 7 mg
– Anak berusia 4 – 8 tahun : 12 mg
– Anak berusia 9 -13 tahun : 23 mg
– Remaja berusia 14 – 18 tahun : 34 mg (termasuk remaja hamil dan menyusui)
– Dewasa usia 19 tahun ke atas : 40 mg (termasuk wanita hamil dan menyusui)

VIII. REKOMENDASI DARI KAMI

Zinc mini size

 ZINC CREAM SUPPLEMENT TIENS

Tiens Zinc Cream Supplement adalah suplemen Zinc yang didesain khusus untuk memenuhi asupan zinc yang dibutuhkan tubuh sesuai dengan gizi yang diperlukan setiap harinya. Tiens Zinc Cream Supplement dibuat dari bahan dasar zinc(seng) asam laktat, bubuk protein telur ayam dan ekstrak glukosa untuk meningkatkan daya serap zinc oleh tubuh.

Spesifikasi produk:

Kode Produk: ZINC
Komposisi utama: Zinc(Seng) asam laktat, egg protein powder, dan ekstrak glukosa
Dosis: 2×2-4 kapsul, diminum dengan air hangat
Spesifikasi: 0,2 gram x 60 kapsul (perbotol)
Ijin POM:SL 061-300-271

Fungsi utama produk:

  1. Pencegahan dan membantu pengobatan kanker.
  2. Meningkatkan daya tahan tubuh.
  3. Mencukupi tingkat kebutuhan antioksidan dalam tubuh.
  4. Menurunkan tingkat resiko terkena alzheimer dan memperkuat daya ingat.
  5. Mempertahankan metabolisme tubuh agar berjalan dengan baik
  6. Mempercepat proses penyembuhan luka.
  7. Menambah napsu makan.
  8. Memelihara kesehatan mata.
  9. Memelihara kesehatan kulit.
  10. Meningkatkan perkembangan otak besar.
  11. Mengoptimalkan proses pertumbuhan pada anak dan remaja, terutama pertumbuhan organ seks sekunder pada remaja.
  12. Menyeimbangkan kadar testoteron sehingga meningkatkan daya seks / libido dan kesuburan pada pria dewasa.
  13. Menyeimbangkan hormon estrogen sehingga mengoptimalkan pertumbuhan telur dan meningkatkan libido.
  14. Mengurangi rambut rontok dan mencegah kebotakan.

Bagi Anda yang tertarik untuk mengetahui info lebih lengkap mengenai produk, daftar harga dan manfaatnya, Anda bisa mengklik tautan kami di bawah ini:
1. Penjelasan lengkap mengenai Zinc Cream Supplement Tiens